DAMPAK NEGATIF PERSAHABATAN / PERTEMANAN REMAJA

1. Pengaruh negative dari teman sebaya (peer pressure)
2. Keinginan untuk diakui oleh teman sebaya membuat remaja membuat pilihan – pilihan yang kurang tepat hanya karena ingin “ sama “ dengan tem,an – temannya, meskipun kadang kala remaja sendiri menyadari pilihannya kurang tepat. Tapi karena kebutuhan akan menerima teman sebaya lebih besar, maka remaja cenderung mengutamakan pilihan teman sebaya ketimbang pilihannya sendiri.



3. Terjebak pergaulan bebas
Salah satu pengaruh negatif dari teman sebaya adalah gaya pergaulan bebas, hal – hal yang dilakukan oleh teman sebaya dalam kelompok menjadi semacam acuan atau standar norma tingkah laku yang diharapkan dalam kelompok. Misalnya : gaya berpacaran teman sebaya menjadi semacam model atau acuan yang digunakan seorang remaja dalam berpacaran. Kalau teman – teman biasa melakukan ciuman dengan pacarnya, maka engga’ salah juga kalau dia berciuman. Selain itu juga remaja cenderung mengembangkan norma sendiri yang ada kalanya bertentangan dengan norma yang umum berlaku.
4. Berkurangnya waktu untuk mengerjakan aktivitas produktif lainnya dan waktu untuk ”bersama” dengan keluarga
Kesempatan yang ada lebih banyak digunakan untuk ” berkumpul ” dengan teman sebayanya. Ketinggalan satu kali pertemuan berarti sudah ada banyak informasi yang terlewatkan. Oleh karena itu remaja lebih cenderung menghabiskan waktu luangnya bersama teman sebayanya.

( Sumber : Yuke Herdiansiska & Ediana Kusumawardhani, S.Psi., 2000. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA)


0 Response to "DAMPAK NEGATIF PERSAHABATAN / PERTEMANAN REMAJA"

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Humoris,Terbuka,Tidak memilih2 teman,Suka bercanda n tidak suka di bohongi.

About Me

Foto saya
Humoris,Terbuka,Tidak memilih2 teman,Suka bercanda n tidak suka di bohongi.
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes